Kamis, 04 Oktober 2012

HTML VS HTML5

HTML VS HTML5

 

 

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.Sedangkan HTML5 merupakan revisi ke-5 untuk menyempurnakan versi sebelumnya yang pernah di keluarkan oleh W3C(World Wide Web Concorcium) namun dalam pengembangan html5 W3C bekerja sama dengan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

Aturan-aturan yang disepakati dalam pengembangan HTML :

  • Fitur-Fitur baru harus berdasarkan pada HTML,CSS,DOM dan Javascript.
  • Mengurangi penggunaan plugin-plugin eksternal,misalnya : flash,silverlight etc.
  • Memilik error handling yang baik.
  • Menambah markup untuk mengurangi scripting.
  • HTML5 harus independen
  • Pengembangan harus diikuti oleh khalayak umum.
Lalu apa saja yang menjadi kelebihan HTML5 di bandingan HTML?
HTML 5 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan HTML,yaitu : offline, audio/video, penyimpanan, 3d grafis, konektivitas, presentasi, akses file, kinerja, dan semantik.

 OFFLINE
HTML5 mendukung penggunaan cache (media penyimpanan pada browser), local storage, web sql & database.Proses ini memang tidak terlihat langsung oleh kita,tetapi dapat kita rasakan ketika kita membuka website yang sebelumnya pernah kita buka,prosesnya akan lebih cepat dibandingkan dengan HTML.Karena kita tidak perlu lagi melakukan proses download data data pada web yang sudah pernah kita kunjungi.

Audio/Video
Untuk memudahkan pengguna,HTML5 memberikan dukungan untuk Audio/Video tanpa harus menginstall plugin-plugin eksternal,seperti flash dan silverlight.Salah satu contoh penggunaan fitur ini dapat Anda lihat di http://craftymind.com/factory/html5video/CanvasVideo.html

Media Penyimpanan (Storage)
Seperti pada konsep Offline fitur, HTML5 mendukung beberapa jenis media penyimpanan baru yaitu Web Storage (name/value pairs), Indexed DB, dan Web SQL Database. Keuntungan dari adanya berbagai macam media penyimpanan ini adalah peningkatan kecepatan dari aplikasi.

3D/Grafis
Ini merupakan salah satu fitur canggih lainnya dan sering digunakan dalam pembuatan permainan/game. Secara teknologi, HTML 5 sudah mendukung pembuatan 2D Canvas, 3D Canvas/ WebGL, SVG, CSS Transform, dan SMIL. Salah satu contoh menarik dari implementasi fitur ini dapat dilihat di http://muro.deviantart.com/  dan http://www.chromeexperiments.com/.  Untuk mengetahui variasi browser yang mendukung fitur ini, Anda dapat mengunjungi http://caniuse.com.

Konektifitas
Fitur ini memungkinkan peningkatan konektifitas seperti pada aplikasi games dan real time chats.

Presentasi
HTML5 bersama-sama dengan CSS 3 dapat dipergunakan untuk menciptakan presentasi yang interaktif menggunakan transformasi 2D, transisi/animasi, 3D transformasi, dan web font (mendukung berbagai jenis tulisan dari berbagai bahasa).

Akses file
HTML 5 memberikan kemudahan untuk aplikasi web dalam membaca file yang berada pada PC/Laptop Anda. Sebagai contoh aplikasi web http://studio.html5rocks.com/#Photos, yang memungkinkan Anda men-drag and drop foto dari komputer Anda ke Browser tanpa melalui fitur upload.

Kinerja
Performance/kinerja dari HTML 5 dapat hampir disamakan dengan aplikasi desktop atau native. Drag-and-drop, animasi, local storage, dan fitur-fitur lainnya pada HTML5 akan mengunguli aplikasi dekstop maupun native dimasa depan.

Semantik
Fitur ini menjadikan web site yang menggunakan teknologi HTML 5 lebih mudah dikenali oleh Google Search Engine. Akibatnya, web aplikasi akan sering muncul pada mesin pencari google sehingga akan lebih sering diakses dan cepat diketahui oleh orang lain.

Dari semua fitur di atas dapat dilihat bahwa HTML5 akan merajai dunia aplikasi kedepannya. Meskipun belum seluruh web browser mendukung teknologi ini, tetapi kemudahan dalam pengembangan maupun penggunaan diyakini akan menjadi nilai dari teknologi ini.

HTML5 memang belum menjadi standar resmi,dan belum ada browser yang memiliki dukungan HTML5 secara penuh.Namun pada beberapa browser sudah menambahkan HTML5 pada versi terbaru mereka,misalnya (Safari, Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer) 


0 komentar:

Posting Komentar